0 di keranjang

Keranjang kosong

Solusi Cetak Terpadu

7+ Tips Penting Sebelum Cetak Banner di Percetakan Digital Printing

Cetak Banner – Manusia dalam kesehariannya merupakan target market atau audiense yang sedang ataupun ingin dijaring oleh pihak yang sedang melakukan promosi, baik sadar ataupun tidak sadar.

Mulai dari cara tradisional seperti pasang brosur fotocopy di tiang listrik, hingga iklan di televisi ataupun jejaring sosial yang memerlukan budget yang tidak sedikit. Para pelaku promosi juga memiliki metode dan ceruk pasar tersediri dalam mempromosikan jasa/produk/acara yang ingin diketahui orang banyak.

Dalam dunia periklanan terdapat metode beriklan secara online maupun beriklan secara offline. Dalam hal ini, kami akan membahas metode iklan melalui offline dengan menggunakan banner design. Namun sebelum kita membahas lebih jauh, marilah kita bahas satu persatu.

Pengertian Banner

Secara umum, banyak tujuan orang untuk cetak banner, salah satunya adalah untuk menunjukan identitas sebuah Usaha/Produk/Acara (Wikipedia).

Cetak Banner

Sumber Wikipedia

Jika bertujuan untuk usaha, maka yang harus dijelaskan adalah kelebihan usaha Anda seperti banner laundry dengan kelebihan mesinnya, banner pulsa, banner baksoatau banner warung makan dengan tampilan dan tulisan yang jelas dan menarik perhatian orang yang lewat.

Jika bertujuan untuk menjual suatu produk, maka yang harus dijelaskan benefit yang konsumen dapat dari produk tersebut. Misalkan ingin menjual produk obat herbal, maka banner obat herbal tersebut sebaiknya menjelaskan fungsi, surat izin dan testimoni pengguna yang puas terhadap produk tersebut.

Dan adapun jika membuat banner dengan bertujuan untuk mengadakan suatu acara / event, maka yang harus dijelaskan adalah daya tarik untuk menghadiri acara tersebut, contohnya siapa bintang tamunya, apa jenis acaranya, dan sebagainya.

Contoh Banner Event seperti:banner ulang tahun instansi/yayasan, banner 17 agustusan, banner pernikahan, banner selamat datang,dan masih banyak lagi.

Jenis – Jenis Banner

1. X-Banner

Cetak Banner dengan X - Banner

Contoh X – Banner

Pas dgn namanya, banner ini mempunyai junjungan penyangga berbentuk alfabet X terhadap menahan banner. rata-rata pancang penyangga ini terbuat berasal pipa alumunium mungil yang ringan maka enteng untuk diboyong kemana-mana.

X-Banner ini rata-rata diletakkan di samping pintu gerbang menyamar satu buah kios kantor atau booth event. Banner jenis ini tepat buat indoor ataupun outdoor.

X-Banner dinilai lebih irit dikarenakan standing banner-nya dapat digunakan berkali lipat kamu cukup menempa ulang banner-nya saja sesuai dgn ukurannya. Di mentari Printing, X-Banner tersedia dekat ukuran 60 x 160 cm.

2. Mini X-Banner

cetak banner dengan mini x-banner

contoh mini x-banner

Banner ini sama dgn X-banner, adalah memanfaatkan penjalaran penyangga berbentuk X. Bedanya, Mini X-Banner ini punyai ukuran lebih kecil.

Mini X-Banner tersedia dekat takaran 25 x 45 centi meter Mini X-Banner biasanya diletakkan di atas meja. cocok diperlukan untuk memasang suatu informasi berkaitan agenda acara menu-menu makanan, atau seperlunya awareness.

3. Roll Banner

cetak banner dengan roll banner

contoh roll banner

Banner type ini semula tak kalah praktisnya. pas namanya, banner ini diperlukan bersama cara di-roll atau digulung. apabila mau difungsikan anda lumayan menyentak banner-nya dari atas ke bawah Roll Banner ini dinilai efisien sebab mudah diboyong ke manapun dan teramat ringan.

Di Surya Printing sedia Roll Banner ukuran 60 x 160 cm 85 x 200 centi meter atau 150 x 200 centi meter.

4. Banner Spanduk

Contoh banner spanduk

Banner spanduk merupakan media promosi yang sering kita lihat di jalan, baik di kota ataupun pedesaan sekalipun. Pada umumnya banner spanduk dibuat untuk tujuan mengadakan acara atau pemberitahuan anjuran/larangan.

Ukuran yang sering dicetak pada umumnya ukuran 90 x 600 cm, 90 x 500 cm, 115 x 500 cm, 100 x 700 cm. Namun ada juga yang mencetak dengan ukuran yang diinginkan.

Jenis Bahan Cetak Banner Dan Spanduk

1. Banner Cloth

Tipe bahan ini sama seperti kain, dapat diaplikasikan untuk percetakan bendera menerapkan print digital.

Biasanya bahan yang satu ini dipergunakan untuk acara-acara tertentu, lazimnya bahan ini diikat pada sebuah balon kemudian diterbangkan, karena bahan ini cenderung lebih ringan.

2.Luster

Bahan macam ini memiliki tekstur yang sedikit kasar, mengkilap dan lebih tipis. Amat pas dipakai sebagai bahan media publikasi indoor, seperti x banner dan roll up banner.

Bahan macam ini tidak perlu dikerjakan laminasi, karena sifat bahannya memang telah mengkilap serta laminasi cenderung tak bisa merekat dengan bagus pada bahan macam ini.

3. Flexi Jerman

Bahan jenis ini memiliki mutu di atas bahan flexi Korea dan China, lantaran mempunyai ketebalan yg begitu baik diperlukan utk iklan media outdoor, seperti baliho & spanduk. Akan tetapi, flexi Jerman dapat pula dipakai pada media indoor, semacam x banner. Flexi Jerman memiliki gramasi berkisar antara 230 sampai 400 gram apabila dipandang dari segi harganya sendiri.

Flexi Jerman ini lebih mahal harganya di bandingkan flexi korea dan china. di sayangkan bahan type ini tidak senantiasa ada dalam industri percetakan, dikarenakan kebanyakan digital printing cuma menyediakan bahan berjenis Flexi Korea dan China saja, selain buat industri percetakan yang lengkap dan agung elemen ini barangkali saja karena harganya yang mahal, jadi owner pun lebih memilih bahan-bahan yang harganya lebih murah.

4. Flexy Cina

Type bahan spanduk ini memiliki karakter agak tipis dan kasar, tapi memiliki serat di dalamnya. Flexi China banyak diperlukan buat keperluan percetakan spanduk outdoor. mempunyai tingkat gramasi yg bervariasi, tapi yang paling banyak dipakai dalam industri percetakan yakni 260 gr 280 gr dan 340 gram.

Bahan ini memiliki tingkat kemampuan yg baik apabila dipakai di ruangan indoor lantaran tak terpapar air hujan dan sinar matahari, tapi sayang jikalau diperlukan di luar ruang ketahanan flexi china akan makin menyusut tidak hanya tintanya saja yg memudar, tetapi bahannya enteng sobek dan retak.

Oleh sebab itu, tidak jarang pun bahan flexy china sering dipakai untuk fasilitas promosi dalam tempat seperti X Banner, Y Banner, & Roll Up Banner.

5. Flexy Korea

Apabila dilihat dari kualitasnya, jenis bahan spanduk ini mempunyai tekstur yg lebih halus sehingga sanggup menghasilkan kualitas cetakan yg tinggi. Bahan jenis ini memiliki ketebalan lumayan baik serta serasi digunakan utk alat promosi dengan cara outdoor, seperti banner, spanduk & baliho.

Flexi Korea memiliki gramasi berkisar antara 250 sampai 400 gr. Bahan Flexy Korea tidak hanya dipakai utk pencetakan spanduk saja, namun dapat dimanfaatkan untuk menempa X Banner, Mini X Banner, Y Banner, Roll Up Banner & Backwall/Backdrop.

6.Albatros

Bahan albatros ini memiliki tekstur lebih lembut dan halus, seperti halnya kertas dan betul-betul pantas digunakan dalam media indoor, diantaranya seperti Poster, X Banner, Mini X Banner, Y Banner dan Roll Up Banner.

Dalam percetakan foto berukuran besar, seringkali albatros menjadi opsi, cuma saja wajib dilihat bagaimana mutu foto itu sendiri.

Bahan albatros bisa diaplikasikan untuk pencetakan spanduk dengan ukuran yang tak terlalu besar dan dipasang di ruangan semi-indoor dimana tak terlalu terpapar cahaya sang surya atau terkena hujan sebab rentan rusak.

7. Easy Banner

Masih belum banyak yang mengenal bahan yang satu ini, ragam bahan ini memiliki tekstur yang agak kaku dan kasar, betul-betul pas untuk media standing banner yang digunakan di luar ruangan.

Contoh – Contoh Banner

Produk banner memiliki banyak varian karena banyak tujuan promosi yang ingin dicapai. Berikut ini kami berikan contoh – contoh banner berdasarkan jenis maupun tujuan cetak banner tersebut.

Tips Penting Sebelum Cetak Banner

1. Posisi logo berada di paling atas

Supaya efektif, posisikan logo di bagian paling atas banner lantaran posisi atas tersebut yaitu posisi yang sejajar dengan mata manusia terhadap rata-rata bagian teratas banner adalah bidang yang paling mempunyai peluang tinggi buat menarik perhatian tidak sedikit orang. jadi pastikan anda memposisikan hal-hal terpenting dalam promosi anda di bidang paling atas banner.

2. Tulisan tidak boleh terlalu banyak

Jangan masukkan terlalu tidak sedikit tulisan di dalam satu buah banner. Banner bakal kelihatan sangat padat, & orang bakal malas buat membacanya. pass yg singkat, padat, terang & informatif.

3. Gunakan kata-kata yg bisa menciptakan orang menoleh

Panduan rancangan banner berikutnya yg sanggup kamu lakukan biar seluruhnya mata memandang banner anda adalah dgn memanfaatkan kata-kata yg menciptakan orang menoleh. Kata-kata tersebut bisa yg sifatnya menggugah rasa penasaran orang, sehingga mereka akan mendatangi ruangan Anda.

4. Pastikan gambar berkwalitas tinggi

Apabila anda memutuskan untuk memasukkan gambar ke dalam banner, terutama bila gambar tersebut adalah gambar produk yg anda jual maka gambar wajib berkwalitas tinggi. janganlah hingga gambar tersebut tampak buram atau pecah di atas banner, dikarenakan bisa menghilangkan kesukaan visitor yang tadinya tertarik.

Ingatlah bahwa anda mau gambar tersebut menarik perhatian pengunjung maka mereka mau membeli produk kamu Pilihlah gambar terbaik & paling menarik yang kamu punya.

5. Cermat dalam pemilihan warna

Pemilihan warna yang tepat dapat menciptakan banner anda menonjol di dalam keramaian. sekian banyak warna yang dapat menarik perhatian orang yakni kuning, merah dan oranye. namun tentu saja anda tak bisa sembarangan memilih warna. Warna harus disesuaikan dengan warna yang jadi identitas perusahaan & logo perusahaan.

kamu serta perlu mempertimbangkan pengaruh warna yg dijadikan latar belakang kepada gambar & tulisan yg diikutsertakan dalam banner.

6. Pintar dalam pemilihan bahan

Pemilihan bahan juga ialah salah satu arahan design banner yang perlu kamu perhatikan Sebelum kamu memilih bahan, pastikan lalu anda sudah tahu di mana anda mau memasang atau meletakkan banner tersebut, karena tidak seluruh bahan banner pas buat diaplikasikan di semua tempat.

Bahan albatros, misalnya lebih pas untuk banner dalam lokasi sementara bahan flexi lebih pas untuk banner yang dipasang di luar ruang.

7. Jangan sampai lupakan detil kontak

Satu factor terakhir yang perlu kamu ingat & wajib ada di dalam suatu banner yakni detil kontak perusahaan. detail kontak sangatlah penting terutama kalau terhadap acara promosi anda tak bisa berbicara kepada setiap pengunjung yang datang, maka apabila ada pengunjung yg tertarik kepada product anda & mau mengetahui lebih lanjut, mereka sanggup mencatat rincian kontak yang tertera di banner & nantinya menghubungi perusahaan kamu.